Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Germas

Ditulis Oleh : Jonata | Pada : 07 Dec,2017 12:44:07

Editor : Harmen Chaniago

Dibaca : 432 kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Gerakan ini sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) No. 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

"Kami fokus menjalankan program Germas karena sangat strategis untuk mendorong dan mengajak masyarakat meningkatkan pola hidup sehat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam melalui Kabid Informasi dan Promosi Kesehatan Masyarakat  (Inforkes) Indra Ramli , saat sosialiasi Germas yang diikuti 200 peserta di Hotel Sakura Syariah pada Selasa(5/12).

Agar ini bisa terwujud, terang Indra, Germas ini fokus pada tiga kegiatan penting, melakukan pendataan profil keluarga sehat melalui penjaringan atau pemeriksaan, meningkatkan aktifitas fisik atau pola gaya hidup seperti berolahraga dan senam serta meningkatkan  konsumsi sayur dan buah melalui peningkatan pemeriksaan masyarakat secara berkala.

"ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular, kecacatan dan kematian. Disamping mengupayakan meningkatkan layanan dan kesehatan bagi masyarakat," tuturnya.

Apalagi ini telah dimulai awal tahun 2017 lalu, dan sudah terdata masyarakat 40 persen lebih. Ini akan terus dilakukan dan dituntaskan pada tahun 2018. Disamping itu, kegiatan ini menjadi prioritas bagi para penyuluh kesehatan yang berada di 23 puskesmas agar terut memberikan pengetahuan dan sosialisasi secara berkala.

"Salah satu cara yang dilakukan puskesmas seperti, dengan jemput bola mendatangi rumah warga serta menanyakan kondisi kesehatan warga disamping menyarankan warga untuk terus hidup sehat," tuturnya.

Perlu diketahui, penyakit tidak menular seperti, sakit jantung, paru-paru, stroke, usus, dan lainnya telah banyak mematikan pencarian warga dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh sebab itu, Germas merupakan solusi yang tepat dengan mengajak masyarakat untuk hidup bersih, dan lebih sehat, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Untuk itu, Germas ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah pusat, sekaligus menjadi moment strategis, baik bagi pemerintah daerah maupun masyarakat dalam upaya peningkatan pembangunan dibidang kesehatan yang dititik beratkan pada tindakkan promotif dan preventif. (jon/AMC)

Komentar