Tingkatkan Keamanan Pangan, 28 Pelaku Usaha Diberi Penyuluhan

Ditulis Oleh : Jonata | Pada : 11 Oct,2017 16:01:43

Editor : Sang Rajo

Dibaca : 2043 kali

Para Pelaku Usaha

Guna terjaminnya keamanan dan mutu pangan yang dihasilkan pelaku industri skala rumah tangga, Dinas Pertanian Kabupaten Agam menyelenggarakan penyuluhan mengenai keamanan pangan bagi 28 orang pelaku usaha pengolahan hasil pertanian.

"Dengan menghasilkan pangan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi, kepercayaan masyarakat niscaya akan meningkatkan, dan industri yang bersangkutan akan berkembang pesat," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, melalui Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil, Adek Ariani, di Lubuk Basung, Rabu (11/10).

Ke-28 peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari kelompok Unit Pelayanan Pengembangan Pengolahan Hasil Pertanian (UP3HP), yang tersebar di setiap kecamatan. Kegiatan ini telah dilaksanakan di aula Unit Daerah Kerja Pembanguna (UDKP) Kecamatan Matur, 9 sampai 10 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar pelaku usaha pengolahan hasil mampu memperoleh sertifikat P-IRT dari Dinas kesehatan, setelah memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan.

Lebih lanjut, ungkap Adek, seluruh peserta setelah dilakukan postest terlulis oleh Dinas Kesehatan, dinyatakan lulus dan akan dilanjutkan dengan melakukan survei ke lokasi pengolahan sebagai syarat agar industri olahan pangan tersebut mendapatkan P-IRT.

"Bahkan ada anggota peserta yang mendapatkan nilai 100 pada saat dilakukan postest tersebut." ujarnya.

Sementara itu, Satuan Tugas Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Hasriwati menekankan pentingnya kualitas pangan yang dihasilkan. Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun industri pangan. 

oleh sebab itu pelaku usaha pengolahan hasil pertanian perlu memperhatikan aspek-aspek, sesuai standar mutu dan keamanan pangan."Pangan termasuk kebutuhan terpenting dan sangat esensial dalam kehidupan manusia, sehingga pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat harus memenuhi syarat keamanan pangan," katanya. (jon/AMC)

 

Komentar