Restocking Ikan Endemik, 50 Ribu Ekor Bibit Ditebar

Ditulis Oleh : Jonata | Pada : 13 Nov,2017 18:47:19

Editor : Sang Rajo

Dibaca : 1617 kali

Suasa jelang penebaan bibit ikan

Lima puluh ribu bibit ikan endemik jenis bada, ditebar ke perairan Danau Maninjau, Senin (13/11).

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau, Yoyok Sudarso, penebaran benih ikan ini dalam rangka meningkatkan populasi ikan di perairan umum, dan meningkatkan produksi ikan.

"Selain itu untuk melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, atau nelayan dari peningkatan pendapatan sektor perikanan. Harapan kita benih ikan ini dapat hidup dan berkembang biak nantinya " ujarnya, sebelum melepas bibit ikan bada dalam, rangka restocking ikan indemik Danau Maninjau.

Hal itu merupakan komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Agam, bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau, dan PLN guna melestarikan keanekaragaman hayati Danau Maninjau.

"Bibit yang diserahkan dan ditebar ini merupakan bibit unggul, ini juga merupakan komitmen dan kepedulian dari berbagai kalangan, sehingga penebaran ikan ini dilaksanakan," ujarnya pula.

Selain itu, kelestarian lingkungan Danau Maninjau, kata yoyok, tidak bisa lepas dari keberlangsungan hidup ikan-ikan endemik,  yang selama ini ada di Danau Maninjau.

Ia berharap masyarakat dapat menjaga dan memelihara ikan tersebut, sehingga tujuannya tercapai nantinya.(jon/AMC)

Komentar