Mislidya dan Jabanur Pejabat Auditor Madya di Agam

12 Feb,2018 11:15:36

Editor : Sang Rajo

Dibaca : 1204 kali

Sekda Agam saat membacakan sumpah jabatan terhadap Pejabat Fungsional Auditor Madya yang dilantik

Agam, AMC-Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. H. Martias Wanto Dt Maruhun, melantik Pejabat Fungsional Auditor Madya, dilingkungan pemerintah daerah itu, di aula Bappeda Agam, Senin (12/2).

Pejabat yang dilantik yaitu, Mislidya, SH dan Drs. Jabanur. Di mana, kala itu Kepala Inspektorat H. Junaidi, BSc, SH, dan Sekretaris Inspektorat Darmawi bertindak selaku saksi pelantikan.

Pada kesempatan itu, Martias Wanto menyebutkan, dengan dilantiknya dua Pejabat Fungsional Auditor Madya, telah menambah jumlah Auditor di daerah itu, dari 16 orang menjadi 18 orang, yang bakal memperkuat peranan Inspektorat  sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), agar bisa memberikan sumbangsih yang lebih baik untuk meningkatkan prestasi, dan kemajuan Inspektorat itu sendiri.

"Pelantikan itu hendaklah dimaknai, terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur pejabat pada jenjang jabatan, dan kepentingan tertentu," ujar Sekda.

Auditor Madya merupakan pejabat yang berperan penting, terhadap pelaksanaan pengendalian mutu internal pemerintahan, yang bertugas mendampingi atau memberikan keterangan ahli dalam proses penyidikan, dan peradilan kasus hasil pengawasan.

Bahkan, untuk dapat menjadi seorang pejabat fungsional auditor tidaklah mudah. Mereka harus memiliki kemampuan, dan kompetensi yang dipersyaratkan. Salah satu unsur kompetensi yang dipersyaratkan adalah, memiliki sertifikasi teknis bidang pengawasan atau sertifikat JFA.

"Untuk meraih itu, mereka harus melewati fase yang telah ditentukan, diantaranya mengikuti pendidikan, dan pelatihan atau diklat, serta ujian sertifikasinya," ujar Sekda pula.

Dengan demikian, Sekda mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik, semoga bisa menjalankan amanah dengan baik, sesuai peraturan yang berlaku.

Namun, Sekda menegaskan, Senantiasa Pejabat Auditor Madya bisa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin, dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab, serta mempunyai jiwa semangat untuk mewujudkan "good governance", dan menghindari terjadinya proses KKN dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan. (Tam/AMC)

Komentar