Ermanto : Nagari Mandiri Pangan Sangat Membantu Masyarakat

28 Mar,2018 08:36:23

Editor : Sang Rajo

Dibaca : 165 kali

Ermanto, S.Pi, M.Si

Agam, AMC - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, terus berupaya mendorong nagari menjadi Nagari Mandiri Pangan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat nagari, yang memberikan manfaat secara adil, dan merata.

Kepala DPKP Agam Ermanto, S.Pi, M.Si, Rabu (28/3) mengatakan, pembangunan ketahanan pangan ini tentu berdasarkan kemandirian yang tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat, yang dilakukan secara bertahap melalui proses pemberdayaan masyarakat nagari untuk mengenali potensi serta kemampuan mencari alternatif peluang dan pemecahan masalah.

"Nagari mandiri pangan harus mampu untuk mengelola dan memanfaatkan Sumber daya Alam (SDA) secara efektif, efisien, dan berkelanjutan," ujarnya.

Ia menyebutkan, pemberdyaan masyarakat dalam rangka kemandirian pangan, dilakukan melalui pemberdayaan masayarakat miskin, dan rawan pangan di Nagari. Starategi yang dilakukan ini adalah upaya pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis pertanian, dan perikanan, serta memenuhi pangan bagi kelompok masyarakat miskin di nagari yang rawan pangan dengan memberikan bantuan langsung.

"Tahun 2018, kita sudah melahirkan delapan Nagari  Mandiri Pangan yang sudah difasilitasi. Salah satunya Nagari Koto Tinggi Kecamatan Baso, dan di tahun yang sama kita akan memberikan bantuan  bibit tanaman, dan buah-buahan.

Ini dilakukan seiring dengan Program Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat nagari, dalam pengembangan usaha produktif berbasis sumber daya lokal, dengan cara meningkatkan ketersedianan pangan.

Lebih lanjut ermanto menyebutkan, hal ini dapat memenuhi kecukupan gizi rumah tangga, yang berdampak terhadap penurunan kerawanan pangan, dan gizi masyarakat kurang mampu di nagari, sejalan dengan salah satu tujuan Millenium Development Goals (MDGs), yaitu untuk mengurangi angka kemiskinan. (Tam/AMC)

Komentar