Agam Bantu Korban Banjir Solsel

Ditulis Oleh : Fitra Hinandes | Pada : 21 Sep,2017 17:35:14

Editor : Sang Rajo

Dibaca : 5494 kali

Bupaati Agam, didampngi Sang Istri, menyerahkan bantauan untuk korban banjir bandang di Solok Selatan

Pemerintah Kabupaten Agam menyerahkan bantuan sembako dan uang sebesar Rp266.372.000, kepada korban musibah banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, baru-baru ini.

Tidak tanggung-tanggung, bantuan sembako yang diberikan berupa beras 2,5 ton, dan sayur 1 ton, dan pakaian layak pakai. Bantuan tersebut bersumber dari dana Baznas Agam, sumbangan masyarakat, pegawai, guru, para pelajar, dan petani sayur. Itu merupakan bantuan terbesar sejak pasca banjir tanggal 14 September 2017.

Bantuan tersebut langsung diantarkan Bupati Agam, H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah bersama sejumlah Kepala OPD dan seluruh camat, ke Posko Utama di Kantor Camat Koto Parik Gadang di Ateh, dan langsung diterima Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, Kamis (21/9).

Bupati Agam mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan salah satu bentuk rasa kemanusiaan antara sesama, pasalnya Agam juga merupakan daerah etalasenya bencana.

"Satitiak tolong dilauikan, sakapa tolong digunuangkan. Semoga bantuan ini  bermanfaat, dan bisa mengurangi beban keluarga kita yang terkena musibah," katanya.

Terkait kondisi yang dialami masyarakat saat ini, rusaknya saluran air bersih mengakibatkan masyarakat sulit melakukan aktivitas, terutama untuk air minum.

Untuk itu, Bupati Agam meminta kepada Pemkab Solok Selatan mempergunakan dana tersebut  untuk memperbaiki jaringan saluran air bersih. Karena, harapan masyarakat Agam, agar bantuan itu bisa langsung dirasakan manfaatnya, sehingga bisa terjalin silahturahmi di antara sesama, dan  menjadi sebuah kenangan yang abadi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menugaskan personil guna membantu pembuatan jaringan air bersih.

"Hal ini juga pernah kita lakukan sewaktu membantu korban longsor di Limapuluh Kota, dan Gempa Aceh Pidie. Seperti di Limapuluh Kota, melalui Dinas Pendidikan, kita membantu mobiler sekolah," ujar Indra Catri, yang juga menantu orang Solok Selatan itu.

Sementara itu, ketika diminta keterangan oleh salah seorang penyumbang bantuan, secara spontan Ali mengatakan, pihaknya sudah merasakan betapa pedihnya ditimpa bencana. "Sebagai sesama, kita bisa merasakan apa yang dirasakan keluarga kita di Solok Selatan. Semoga tabah menerima cobaan ini," katanya.

Terkait bantuan itu, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan pemerintah dan masyarakat Agam. 

"Ini merupakan bantuan terbesar pasca banjir. Terima kasih kepada bupati dan masyarakat Agam, yang telah memberikan bantuan. Bantuan ini sangat berguna bagi kami dan segera disalurkan. Semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi kita yang dibantu," kata Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria disela kunjungannya bersama Bupati Agam Indra Catri di lapangan. (IF/AMC).

Komentar